Etika Auditor Dalam Menerima Parcel

Praktik korupsi pada masa sekarang mengalami perkembangan dengan munculnya praktik-praktik baru yang berusaha memanfaatkan celah atau kelemahan berbagai peraturan perundang-undangan yang ada. Pemberian hadiah seringkali kita anggap hanyalah sebagai suatu ucapan terima kasih atau ucapan selamat kepada seorang pejabat. Tapi bagaimana jika pemberian itu berasal dari seseorang yang memiliki kepentingan terhadap keputusan atau kebijakan?

Pemberian hadiah merupakan suatu perbuatan atau tindakan seseorang yang memberikan sesuatu ( uang atau benda ) kepada orang lain tentu saja hal tersebut diperbolehkan. Namun jika pemberian tersebut dengan harapan untuk mempengaruhi keputusan atau kebijakan dari pejabat yang diberi  hadiah, maka pemberian itu tidak hanya  sekedar ucapan selamat atau tanda terima kasih.

Apabila seorang pegawai negeri atau penyelenggara Negara menerima suatu pemberian maka ia mempunyai kewajiban untuk melaporkan kepada KPK sebagaimana diatur menurut Pasal 12 C UU No. 20 Tahun 2001 yaitu :

  1. Ketentuan pada pasal 12B ayat (1) mengenai gratifikasi dianggap sebagai pemberian suap dan tidak berlaku, jika penerima melaporkan gratikasi yang diterimanya kepada KPK.
  2. Laporan penerima gratifikasi paling lambat 30( tiga puluh ) hari kerja terhitung sejak tanggal gratifikasi diterima.
  3. Dalam waktu palin lambat 30 ( tiga puluh ) hari kerja sejak tanggal laporan KPK wajib menetapkan gratifikasi dapat menjadi milik penerima atau milik Negara.
  4. Tata cara penyampaian laporan dan penentuan status gratifikasi diatur menurut undang undang tentang KPK.

 

Sumber :

  1. Mediacare.com
  2. UU No. 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: