Peran E-Banking dalam Pemasaran Produk Asuransi Syariah pada PT. BNI Life Insurance Cabang Syariah

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Permasalahan yang sampai saat ini dihadapi bangsa Indonesia adalah krisis keuangan yang berdampak pada krisis ekonomi secara berkepanjangan. Hal ini dipengaruhi oleh penerapan suku bunga sebagai sistem ribawi, bahkan berpotensi menjadi economic trouble maker yang melahirkan krisis keuangan dan moneter, krisis pasar saham, dan krisis di lembaga keuangan lainnya yang berpengaruh negatif pada kehidupan sektor riil. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan asuransi memiliki peranan penting yang dibutuhkan mengingat bahwa layanan jasa asuransi dapat memberikan perlindungan bagi para konsumennya.

Iklim yang mulai merebak pada era 1990-an ini ikut mendorong munculnya bisnis yang menggunakan sistem sesuai syariah, terutama di sektor keuangan, begitu pula dengan perusahaan asuransi. Asuransi sebagai lembaga keuangan nonbank, terorganisir secara rapi dalam bentuk sebuah perusahaan yang berorientasi pada aspek bisnis kelihatan secara nyata pada era modern.

Asuransi syariah di Indonesia merupakan sebuah cita-cita yang telah dibangun sejak lama, dan telah menjadi sebuah lembaga asuransi modern yang siap melayani umat Islam Indonesia dan bermitra dengan lembaga asuransi konvensional. Sistem dan akad yang digunakan oleh asuransi syariah berdasarkan prinsip-prinsip Islam yang bercirikan keadilan dan keterbukaan serta terbebas dari unsur haram yaitu gharar (ketidakpastian), maisir (judi), dan riba (tambahan / bunga).

Sebagaimana firman Allah SWT :

Artinya : “sesungguhnya Allah SWT menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah SWT melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran. (an-Nahl / 16 : 90).

Seiring dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi, maka kerjasama di dunia bisnis ekonomipun semakin terbuka lebar. Seperti kerjasama antara perbankan (BNI Syariah) dengan perusahaan asuransi (BNI LIFE Syariah) yang saling menguntungkan, yaitu dengan pemanfaatan e-Banking untuk mendukung kegiatan pemasaran produk asuransi. Fasilitas ini memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabahnya dengan fasilitas pelayanan pembayaran premi asuransi melalui saluran elektronik, seperti melalui transfer rekening dan auto debet serta pemasarannya melalui SMS Banking, Internet Banking, dll. Fasilitas tersebut disediakan untuk memberi kemudahan bagi para konsumen dalam bertransaksi, seperti halnya pembayaran premi asuransi. Cara ini cukup efektif dan efisien mengingat masyarakat semakin disibukkan dengan aktivitas dan segala urusannya, maka dengan mengakses layanan ini masyarakat dapat dengan praktis bertransaksi bisnis.

Kerja sama ini disebut juga In Branch Sellimg, yaitu pemasaran produk asuransi syariah melalui saluran distribusi bank. Dalam hal ini pihak BNI Life Syariah memiliki petugas yang khusus ditempatkan di salah satu cabang bank BNI Syariah dan petugas ini disebut BASS (Bancassurance Specialist Syariah). Pemasaran pertama dilakukan oleh petugas tersebut (BASS), dan selanjutnya petugas tersebutlah yang mengarahkan nasabah untuk bertransaksi melalui e-banking.

Tertarik dengan hal ini, penulis bermaksud untuk mengkaji lebih jauh tentang peran e-banking sebagai sarana pemasaran produk asuransi syariah ditengah maraknya persaingan bisnis lembaga keuangan yang berbasis syariah meupun konvensional terutama dalam menghadapi persaingan dengan lembaga keuangan asing  yang notabene telah lebih siap dan mantap dalan memasuki era perdagangan bebas. Dimana masyarakat kini membutuhkan kenyamanan dan kepraktisan dalam melakukan kegiatan transaksi bisnis.

Persoalan diatas inilah yang kemudian penulis angkat dalam skripsi yang berjudul “Peran E-Banking dalam Pemasaran Produk Asuransi Syariah pada PT. BNI Life Insurance Cabang Syariah.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: